Cara Aman Urus Perizinan Gelar Nonton Bareng

Jakarta: Futbal Momentum Asia (FMA) selaku pemilik lisensi resmi media penyiaran sepak bola dan olahraga lainnya di Indonesia memberikan kemudahan buat tempat-tempat komersil yang ingin menggelar acara nonton bareng (nobar). Kini mereka bisa mengurus perizinan via online.

Dulu, tempat-tempat komersil seperti seperti mal, kafe, restoran, dan sebagainya harus menjalani proses yang cukup rumit untuk menggelar nobar. Mereka harus mendaftarkan tempat mereka ke perusahaan yang ditunjuk oleh pemegang lisensi resmi untuk mendapatkan izin menggelar nobar. Dan proses itu tentunya tidak sebentar.

Baca juga: Warga Setempat Lebih Suka Sawahlunto jadi Lokasi Finis Tour de Singkarak

Kini, mereka tidak perlu lagi melakukan hal di atas untuk bisa menggelar nobar secara resmi atau legal. FMA yang bekerja sama dengan PT Pesta Bola Indonesia memberikan kemudahan di mana tempat-tempat komersil tersebut kini hanya butuh melakukan registrasi di website www.pestabola.co.id untuk mengurus perizinan menggelar nobar.

“Venue komersial bisa mendapat keuntungan, di antaranya perlindungan properti intelektual, karena siarannya legal. Jadi mereka tidak perlu khawatir menyalahi aturan dan akan kami bantu mem-blast di sosmed,” kata Pongky Rivawanto, Deputi Presiden Direktur PT. Pestabola Indonesia.

Baca juga: AFF 2018: Fasilitasi Suporter, Kemenpora Komunikasi dengan KBRI Singapura

FMA sendiri memegang lisensi resmi dari berbagai ajang sepak bola bergengsi seperti Liga Champions, Liga Europa, Liga Jepang, DFB Pokal, Piala Super Eropa dan AFF Suzuki Cup 2018 yang akan digelar mulai 8 November mendatang. Selain itu, FMA juga memegang lisensi untuk ajang-ajang bulutangkis di bawah naungan Badminton World Federation (BWF).

“Untuk Liga Champions dan Liga Europa kami sudah jual kembali (hak siar) ke stasiun televisi nasional,” ujar Shanna Murady, Chief Marketing Officer FMA.

Video: Masyarakat Antusias Sambut Piala AFF 2018

(ACF)