Indonesia Siap Gelar Kejuaraan Akuatik Terbuka 2018

Jakarta: Kejuaraan akuatik bertajuk Indonesia Open Aquatic Championship 2018 (IOAC) siap digelar pada awal bulan Desember tahun ini. Kejuaraan tersebut bakal mengambil tempat di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta.

IOAC nantinya akan melombakan empat cabang permainan olahraga akuatik. Rentang waktu yang ditentukan Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) yakni mulai tanggal 1 hingga 9 Desember mendatang.

Sebelumnya, IOAC pertama kali digelar PB PRSI pada 2017 silam. Hal tersebut dilansir sebagai uji coba pra-Asian Games 2018 yang sudah rampung pada 2 September lalu.

Baca: Praveen/Melati ke Perempat Final Korea Masters 2018

“Kami berharap ajang ini bisa diadakan setiap tahun dan menjadi¬†kalender tahunan PB PRSI,” kata Wakil Ketua Umum PB PRSI, Harlin Raharjo, pada Kamis (29/11) dikutip Antara.

Empat cabang yang akan dilombakan yakni renang (1-5 Desember), polo air (1-6 Desember), renang artistik (7-9 Desember), loncat indah (6-9 Desember), serta renang master (9 Desember).

Dikatakan Harlin, ajang tersebut juga merupakan penilaian seleksi tim pelatnas menghadapi SEA Games 2019 di Manila, Filipina. Menurutnya, ini menjadi pengganti TC ke luar negeri.

“Dengan begitu atlet Indonesia tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri untuk mencari ajang berlomba untuk meraih poin FINA,” lanjut Harlin.

Untuk cabang renang, akan mengadaptasi format kelompok umur. Para perenang Indonesia akan bertarung atas nama klub masing-masing untuk memperebutkan predikat klub terbaik.

Format diterapkan dengan melewati babak penyisihan sesi pagi dan sesi final pada sore hari serta mengundang perenang asing. Namun, perenang asing tidak memperoleh poin atau medali di kejuaraan kelompok umur. (ANT)

(ACF)