http://cozypan.com

Depok City Operating Room Beroperasi

loading…

Depok City Operating Room Beroperasi. (Istimewa).

DEPOK – Perkembangan Kota Depok tak lepas dari hiruk pikuk aktivitas warganya. Kini Kota itu pun bertransformasi dalam berbagai bentuk, termasuk kemajuan teknologi. Satu contoh, jika dulu aktivitas apa pun tidak dapat diawasi langsung pimpinan, sekarang bisa dilakukannya.

Melalui Depok City Operating Room (DeCOR) segala kegiatan dan aktivitas di Depok bisa dipantau langsung oleh Wali Kota Depok Mohammad Idris. Tidak hanya aktivitas internal lingkungan Pemerintahan Kota Depok yang dapat dilihat, aktivitas di luar pun bisa terlihat jelas lewat DeCOR, misalnya masalah kemacetan.

Melalui ruang pantau ini bisa terlihat bagaimana kondisi di lapangan. Sehingga, pemangku kebijakan bisa langsung mengambil langkah terkait persoalan yang terjadi di lapangan. Dengan kata lain, permasalahan yang terjadi bisa langsung ditanggapi pihak terkait.

Baca Juga:

DeCOR baru saja diresmikan Wali Kota Depok, Rabu (23/1). Ruangan itu berada di lantai 5 Balaikota Depok. Ruang tersebut berfungsi sebagai pemantau seluruh aktifitas di lingkungan Pemkot Depok. Selain itu juga sebagai wadah bagi warga yang ingin melaporkan kejadian dan memerlukan bantuan.

Wali Kota Idris mengatakan, DeCOR diharapkan mampu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Program seperti ini merupakan salah satu realisasi dari smart city yang menggunakan potensi yang ada baik SDM-nya maupun fasilitasnya agar bisa dioperasikan berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan,” ujarnya.

Dia menambahkan, DeCOR diharapkan mampu memberikan kemudahan, kelancaran, dan ketepatan informasi. Dengan melihat visualisasi DeCOR, pihaknya akan kembali menambah kamera pengintai atau CCTV di setiap sudut kota.

Wali Kota menambahkan, pihaknya juga akan terus melakukan perbaikan dari kekurangan yang ada dengan program DeCOR. ”Sudah ada lima OPD yang terintegrasi dengan DeCOR, sementara untuk OPD yang lain masih dalam penyempurnaan data. Ke depan kami akan perluas lagi integrasinya baik antar-OPD maupun dengan kepolisian dan instansi lainnya untuk menciptakan kolaborasi,” ungkapnya.

Dia mengatakan untuk tahun ini akan ditambah 10 titik CCTV yang penempatannya masih dirahasiakan. Melalui ruang ini pihaknya dapat memantau kondisi lalu lintas ataupun sudut kota lainnya.

“Di DeCOR ini kami dapat memantau kondisi arus lalu lintas, jika ada masalah langsung dikendalikan oleh Dishub. Begitu juga ketika ada pengaduan-pengaduan dari masyarakat dapat diteruskan ke OPD terkait hingga ke kepolisian. Respons tentu akan dilakukan secepatnya,” katanya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, Sidik Mulyono, mengatakan, DeCOR merupakan pusat kendali terpadu dan terintegrasi terhadap pelayanan publik, mengendalikan, memantau, mengawasi serta menerima berbagai data dan informasi berbasis teknologi.

“Sasarannya tak lain untuk menyempurnakan pelayanan publik keluar dan mempermudah pelayanan publik ke dalam. Selain itu juga berfungsi sebagai pusat kendali Kota Depok dengan cara mengakses data yang dapat terhubung dengan pihak terkait,” katanya.

Keunggulan DeCOR juga berfungsi untuk memonitoring keadaan Kota Depok di ruang besar dengan menggunakan monitor layar besar dan layar lebar yang dilengkapi rekaman titik-titik CCTV yang telah ditempatkan di sudut Kota Depok.

“DeCOR juga untuk mempermudah pelayanan masyarakat seperti manajemen pengambilan keputusan cepat terkait pengusutan kecelakaan lalu lintas atau tindak kriminal dan lain sebagainya. Selain itu, keberadaan DeCOR juga berfungsi untuk menanggapi kritik dan saran yang diaspirasikan masyarakat setiap harinya,” pungkasnya. (R Ratna Purnama)

(nfl)