http://cozypan.com

Dinas Kehutanan Jaksel Perluas Lahan TPU Tanah Kusir

loading…

Warga berziarah di TPU Tanah Kusir, Jalan Bintaro Raya, Jakarta. Foto: SINDOphoto/Djuli Pamungkas/Dok

JAKARTA – Suku Dinas Kehutanan Jakarta Selatan telah menyiapkan lahan tambahan untuk pemakaman di Taman Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir. Telah dilakukan perpetakan yang berada tepat di sisi Kali Pesanggrahan, Kelurahan Ulujami.

“Lokasi tersebut berada di sisi kali, Ulujami atau Blok AA 1, sebanyak 6.000 petak,” ujar Kasi Pemakaman Sudin Kehutanan Jakarta Selatan Ivan Murcahyo, Kamis (17/1/2019).

Pihaknya juga melakukan pembangunan sarana dan prasarana di lokasi tersebut, seperti pembuatan akses jalan lingkar luar TPU, dan fasilitas air. (Baca juga: Di TPU Tanah Kusir, Makam Fiktif Dibuat di Jalan)

“Jadi sudah tidak ada istilah pemakaman depan belakang, karena semua kita buat akses jalannya. Saat ini tinggal menunggu SK Perpetakan Kepala Dinas Kehutanan karena sedang diproses,” tegasnya.

Baca Juga:

Di tempat lain, sebidang lahan kosong bekas lokasi pembuangan sampah (LPS) di Jalan Ciledug Raya, Kelurahan Cipulir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, disulap menjadi taman.

Lurah Cipulir Adi Krisno Prayogo mengatakan, sebanyak 10 petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) dikerahkan untuk menata lahan tersebut.

“Kita bersihkan dan ditanami tanaman. Lalu memanfaatkan puing yang sudah ada di lokasi tersebut sebagai tempat duduk dengan ditambal semen dan pasir,” ucapnya.

Pihaknya memanfaatkan material yang ada, seperti kanstin bekas untuk pembatas taman. Lalu ban bekas untuk pot, dan kayu peti kemas untuk tempat duduk.

“Kita juga susun batu alam untuk terapi, kita memanfaatkan semua material yang sudah ada atau daur ulang,” pungkasnya.

(thm)