http://cozypan.com

DKI Jadikan TPST Bantargebang Pusat Riset dan Edukasi Sampah Nasional

loading…

Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta berencana menjadikan TPST Bantargebang sebagai pusat riset dan edukasi sampah nasional. Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok

BEKASI – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan terus melakukan penataan di Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Bekasi. Melalui Dinas Lingkungan Hidup, DKI akan menjadikan TPST Bantargebang sebagai pusat riset dan edukasi sampah nasional.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji mengungkapkan, sejak pengelolaan PTSP Bantargebang dilakukan secara swakelola oleh Dinas Lingkungan Hidup DKI, pihaknya setiap hari menerima tamu dari berbagai instansi dan lembaga. Mulai dari siswa TK sampai dengan perguruan tinggi, para duta besar, perusahaan dalam maupun luar negeri, kelompok pemerhati lingkungan, media massa, dan lainnya.

“Sehubungan dengan hal tersebut kami mohon doa dan restu dari bapak gubernur, wali kota, dan semua hadirin, untuk membantu dan mendukung kami menjadikan TPST Bantargebang menjadi pusat riset dan edukasi sampah nasional untuk menjadi sumber pengetahuan bagi masyarakat,” ujar Isnawa di TPST Bantargebang, Kota Bekasi, Selasa (15/1/2019). (Baca juga: Pertama di Indonesia, DKI Lakukan Penambangan Sampah di Bantargebang)

Baca Juga:

Menurut dia, setelah rencana itu terkonsep dengan matang, Dinas Lingkungan Hidup akan membangun kantor operasional TPST Bantargebang. Selain itu, akan ada laboratorium dan sarana edukasi lainnya yang disediakan bagi pengunjung. (Baca juga: TPST Bantargebang Hanya Sanggup Menampung Sampah DKI Empat Tahun Lagi)

“Insya Allah di 2019 ini bapak gubernur, akan kami bangun gedung tersebut dan sekaligus juga menjadi kantor operasional TPST di Bantargebang. Di gedung tersebut nantinya bapak gubernur, akan disediakan ruang laboratorium, ruang kelas, ruang rapat, ruang pameran bagi siapa pun yang melakukan kunjungan,” ucapnya. (Baca juga: Anies Penuhi Janji, Fasilitas Pengolahan Sampah Sunter Mulai Dibangun

Pihaknya juga berencana membangun lingkungan sekitar TPST Bantargebang sehingga menjadi lokasi yang ramah lingkungan dan ramah sosial. Hal tersebut dilakukan agar TPST Bantargebang tidak hanya menjadi tempat pembuangan sampah namun juga ramah terhadap lingkungan yang ada di sekitarnya.

(thm)