http://cozypan.com

DKI Umumkan Pemenang Desain Tapak Medan Merdeka dan Revitalisasi Monas

loading…

Proses penjurian di Balai Agung Balai Kota, Selasa 29 Januari 2019. Foto: Ist

JAKARTAPemprov DKI Jakarta bersama dewan juri telah selesai menyeleksi karya peserta Sayembara Desain Kawasan Tapak Medan Merdeka dan Desain Interior Tugu Monumen Nasional (Monas). Sayembara yang telah dibuka sejak Desember 2018 itu diikuti oleh 72 profesional di bidang arsitek dan interior yang berjumlah 26 tim.

“Kemarin kami mengumumkan pemenang dari Sayembara Desain Kawasan Tapak Medan Merdeka dan Desain Interior Tugu Nasional,” ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Rabu (30/1/2019) pagi.

Proses penentuan pemenang sayembara tersebut berlangsung ketat oleh para juri di Balai Agung, Balai Kota. Setiap peserta dituntut memberikan paparan desain mereka di depan para dewan juri, termasuk di dalamnya Anies Baswedan.

Baca Juga:

DKI Umumkan Pemenang Desain Tapak Medan Merdeka dan Revitalisasi Monas

Anies terlibat langsung dalam proses presentasi sehingga dapat melihat langsung para peserta dalam memperkuat karakteristik kawasan Monas sebagai alun-alun Indonesia.

“Apresiasi setinggi-tingginya kepada 72 peserta yang telah berpartisipasi dalam Sayembara Desain Penataan Rencana Tapak Kawasan Medan Merdeka dan Interior Tugu Nasional. Dari 72 peserta yang memasukkan karyanya, telah kami nilai dan seleksi menjadi 10 nominator untuk mempresentasikan karyanya,” kata Anies.

Menurut Anies, karya dari para peserta memberikan banyak perspektif mengenai kawasan Monas serta Tugu Nasional di masa depan. Sebagai dewan juri, ia juga mengalami banyak sekali pengalaman unik dan belajar banyak hal dari desain para peserta. (Baca juga: Revitalisasi Monas, Pemprov DKI Alokasikan Rp150 Miliar)

“Sebagai dewan juri, saya mengalami banyak sekali pengalaman unik dimana saya juga belajar banyak dari karya teman-teman semua. Banyak perspektif baru mengenai kawasan Monas serta Tugu Nasional di masa depan,” ucapnya.

DKI Umumkan Pemenang Desain Tapak Medan Merdeka dan Revitalisasi Monas

Bagi Anies, ini merupakan babak awal untuk proses revitalisasi Kawasan Medan Merdeka dan Tugu Nasional. “Ini akan lanjut ke babak baru dan kita akan bawa terus sampai level pelaksanaan, Insya Allah akan membawa perubahan untuk Monas yang kita banggakan,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Juri Sayembara Desain Kawasan Tapak Medan Merdeka dan Desain Interior Tugu Nasional, Gatot Ghautama, menjelaskan, kriteria para pemenang harus memenuhi kerangka acuan kerja (KAK) dari Kawasan Monas.

“Nantinya akan ada perubahan dari desain-desain ini untuk memenuhi stardar KAK, diantaranya ada ruang komprehensi, eksplorasi, kontemplasi, dan interaktif,” ujar Gatot.

Berikut daftar enam tim pemenang yang terdiri atas tiga pemenang Sayembara Desain Tapak Kawasan Medan Merdeka dan tiga pemenang Desain Interior Tugu Nasional:

Pemenang Desain Tapak Kawasan Medan Merdeka
Juara 1: Tim Nelly Lolita
Juara 2: Tim Achmad Tardiyana
Juara 3: Tim Gregorius Supie Yolodi

Pemenang Desain Interior Tugu Nasional
Juara 1: Tim Mei Mumpuni
Juara 2: Marya Rasantina
Juara 3: Yudhistira

(thm)