http://cozypan.com

Libur Natal dan Tahun Baru, Ragunan Siap Sambut 180 Ribu Pengunjung

loading…

Pengelola Taman Margasatwa Ragunan memperkirakan akan ada 180 ribu pengunjung saat Libur Natal dan Tahun Baru 2019. Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok

JAKARTA – Pengelola Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta Selatan, memperkirakan akan ada 180 ribu pengunjung saat Libur Natal dan Tahun Baru 2019. Untuk itu, seluruh pegawai TMR sudah diminta tidak libur demi memberikan pelayanan maksimal kepada pengunjung.

Pelaksana tugas Kepala UP TMR Jakarta Selatan, Sabdo Kurnianto, mengatakan, terdapat 1.000 petugas gabungan yang disiapkan untuk mengawal pengunjung selama menikmati libur Natal dan Tahun Baru di kebun binatang terbesar yang di Jakarta itu.

“Kami sudah koordinasi dengan Polri, TNI, dan Pemkot Jaksel, untuk liburan Natal dan Tahun Baru ada 1.000 personel yang disiapkan, baik untuk pelayanan, pengamanan, dan kebersihan,” ujarnya, Jumat (21/12/2018).

Menurut Sabdo, perhitungan liburan sudah dimulai pada 24 Desember mendatang hingga 2 Januari 2019. Dari data tahun lalu, untuk libur Natal ada sebanyak 100 ribu orang pengunjung dan Tahun Baru mencapai 160 ribu orang.

“Prediksi tahun ini akan ada peningkatan. Kami targetkan puncak pengunjung pada libur Natal dan Tahun Baru kali ini mencapai 180 ribu orang,” katanya.

Sementara untuk menampung kendaraan para pengunjung, pihak UP TMR akan membuka seluruh pintu parkir, baik Selatan, Utara, Barat, dan Timur. “Kami siapkan parkiran itu, bisa muat 20.000 kendaraan totalnya, baik motor, mobil maupun bus. Kalau masih tidak cukup, kami siapkan kantong parkir di dalam,” tegasnya.

Saat ini Taman Margasatwa Ragunan memiliki 2.160 ekor satwa. Untuk bisa masuk ke area TMR, para pengunjung hanya membayar tiket untuk dewasa Rp4.000 dan anak-anak Rp3.000. Sementara tiket parkir untuk motor Rp3.000, mobil Rp6.000, bus sedang Rp12.500, bus besar Rp15.000, dan sepeda motor Rp1.000.

Di sisi lain, Suku Dinas Perhubungan (Sudinhub) Jakarta Selatan menyiapkan 100 personel untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas saat libur Hari Raya Natal. Mereka akan ditempatkan di dua kawasan wisata yang selalu dipadati pengunjung saat liburan.

Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan, Christiant,o mengatakan, personelnya akan disiagakan di kawasan Taman Margasatwa Ragunan dan juga kawasan Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan.

Untuk di kawasan TMR, terdapat delapan titik penjagaan, yakni pintu utama TMR, pintu Barat, pintu Selatan, pintu Timur, simpang Kementerian Pertanian, depan RSUD Pasar Minggu, simpang Jalan Cilandak KKO, dan Terminal Pasar Minggu.

Sedangkan di kawasan PBB Setu Babakan, penjagaan akan dilakukan di Jalan Raya Lenteng Agung, pintu masuk Setu Babakan, dan pertigaan Jalan Sirsak. “Setiap titik kami kerahkan empat personel untuk membantu mengurai kemacetan,” ujarnya.

Selain petugas, Sudin Perhubungan Jakarta Selatan juga mengerahkan dua mobil derek yang ditempatkan di Jalan Pertanian, dan Setu Babakan, serta dua mobil operasional di lokasi yang sama.

“Kam juga kerahkan tiga unit motor untuk patroli. Petugas mulai dikerahkan tanggal 25-26 Desember, penempatan tersebut situasional,” tukasnya.

(thm)