http://cozypan.com

MRT dan LRT Segera Hadir, Transjakarta Matangkan Persiapan Integrasi

loading…

Transjakarta menyambut baik kehadiran dua moda transportasi massal baru di Jakarta. Foto: SINDOnews/Dok

JAKARTA – Dalam waktu dekat, Mass Rapid Transit atau Angkutan Cepat Terpadu Jakarta (MRT) rute Lebakbulus-Bundaran Hotel Indonesia (HI) segera beroperasi. Begitu juga kereta ringan atau Light Rapid Transit (LRT) Jakarta rute Kelapa Gading-Rawamangun. Transjakarta pun menyambut baik kehadiran dua moda transportasi massal baru di Jakarta itu dan dipastikan terintegrasi.

“Transjakarta menjalin komunikasi intensif dengan MRT Jakarta pada aspek integrasi rute dan pembayaran. Kajian memfasilitasi masyarakat dengan bus Transjakarta mengakses stasiun MRT ataupun optimalisasi Koridor 1 Transjakarta yang terhubung dengan MRT Jakarta,” ujar Direktur Utama Transjakarta Agung Wicaksono kepada wartawan, Rabu (16/1/2019).

Dia optimistis Transjakarta tetap menjadi tulang punggung transportasi di Ibu Kota meski MRT maupun LRT segera beroperasi. Pengalaman 15 tahun yang dimulai di masa kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso melayani masyarakat, menjadi nilai tambah bagi perusahaan transportasi milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta itu.

Baca Juga:

Menurut dia, secara bersamaan dengan beroperasinya Transjakarta pertama kalinya di 2004, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 2018 telah menghadirkan program unggulan di bidang transportasi publik, yakni One Karcis One Trip (OK-OTrip) atau kini berubah nama menjadi Jak Lingko.

Sistem transportasi yang terintegrasi (integrasi rute, integrasi manajemen, dan integrasi pembayaran) dimana integrasi layanan transportasi publik di Jakarta yang semakin luas. (Baca juga: Transjakarta dan LRT Terintegrasi, Mirip Bandara Internasional)

“Integrasi ini tidak hanya melibatkan integrasi antara bus besar, bus medium, dan bus kecil di Transjakarta tetapi juga akan melibatkan transportasi berbasis rel yang dimiliki oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, seperti MRT, LRT, dan sebagainya,” tandasnya.

(thm)