http://cozypan.com

Perkiraan Ruas Jalan yang Dilalui Capres-Cawapres Menuju Lokasi Debat

loading…

Seorang polwan melakukan pengaturan lalu lintas di kawasan Bundaran HI, Jalan Jenderal Sudirman, beberapa waktu lalu. Foto:Ilustrasi/SINDOphoto

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar debat perdana bagi dua pasangan capres-cawapres. Debat perdana dilangsungkan di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, pada Kamis (17/1/2019) malam sekitar pukul 20.00 WIB.

Ribuan aparat gabungan sudah disiapkan untuk mengamankan Debat Pilpres tersebut. Selain itu, Polda Metro Jaya sudah menyiapkan pengawalan terhadap kedua pasangan capres dan cawapres. Hal ini untuk memudahkan kedua pasangan menuju lokasi debat. (Baca juga: Ada Debat Pilpres, Hindari Lewat Pancoran Mulai Pukul 17.00 Sore Nanti)

“Jadi, pada pukul 15.00 WIB itu disterilisasi dahulu (jalurnya di sekitar Hotel Bidakara). Untuk start para paslon itu pukul 18.00 WIB hingga tiba di lokasi pukul 19.00 WIB. Pukul 20.00 WIB live debat sampai 22.00 WIB,” jelas Kepala Sub Bagian Pembinaan Operasional (Minops) Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Jamal Alam, saat dikonfirmasi, Kamis (17/1/2019).

Baca Juga:

Menurut dia, terdapat empat rute yang kemungkinan dilalui kedua pasangan capres dan cawapres bersama pendukungnya. Keempat rute tersebut, yakni:

Rute Capres Nomor Urut 01:
Start dari Istana Bogor menuju Tol Jagorawi-Tol Dalam Kota-keluar Tegal Parang-putar arah Flyover Kuningan-Jalan Gatot Subroto-Jalan Rasamala Raya-finish di Gedung Bidakara.

-Atau, start dari Istana Negara menuju Jalan Merdeka Barat-Bundaran Patung Kuda-Jalan MH Thamrin-Bundaran HI-Jalan Jenderal Sudirman- Simpang Susun Semanggi-Jalan Gatot Subroto-Jalan Rasamala Raya-finish di Gedung Bidakara.

Rute Cawapres Nomor Urut 01:
Start dari Jalan Situbondo menuju Jalan M Yamin-Jalan HOS Cokroaminoto-Jalan Rasuna Said-Flyover Kuningan-Jalan Gatot Subroto-Jalan Rasamala Raya-finish di Gedung Bidakara.

Rute Capres Nomor Urut 02:
Start dari Jalan Kertanegara menuju Jalan Pattimura-putar arah di Flyover Pati-Jalan Pattimura-Bundaran Senayan-Jalan Jenderal Sudirman-Simpang Susun Semanggi-Jalan Gatot Subroto-Jalan Rasmala Raya-finish di Gedung Bidakara.

Rute Cawapres Nomor Urut 02:
Start dari Jalan Wijaya menuju Jalan Iskandarsyah Raya-Jalan Pattimura-Bundaran Senayan-Jalan Jenderal Sudirman-Simpang Susun Semanggi-Jalan Gatot Subroto-Jalan Rasamala Raya-finish di Gedung Bidakara.

Polisi sudah menyiapkan sejumlah rekayasa untuk pengaturan arus lalin di kawasan Pancoran sejak sore hari. Pertama, penutupan jalan di pertigaan Jalan Prof Dr Soepomo dengan Jalan Catur. Kendaraan dari arah Pancoran menuju Tebet diluruskan, tidak boleh belok kiri ke arah Jalan Catur.

Begitu juga di pertigaan Jalan Tabanas dengan Jalan Deposito 2. Lalu di pertigaan Jalan Rasamala dengan Jalan Mandala Raya. Sedangkan di pertigaan Jalan Gatot Subroto arah ke Cawang dengan Jalan Rasamalia, dibuka seperti biasa karena memang menjadi satu-satunya akses menuju Hotel Bidakara.

“Namun, tetap diberlakukan one way di jalanan seputar Bidakara, kecuali di jalan protokol,” tandasnya. (Baca juga: Ada Debat Capres, Polda Metro Jaya Kerahkan 820 Polantas di Pancoran)

(thm)