http://cozypan.com

Proyek LRT dan MRT Jadi Penyebab Genangan di Jakarta

loading…

Proyek Mass Rapid Transit (MRT) di Jakarta. Foto/Ilustrasi/SINDOphoto

JAKARTA – Kepala Dinas (Kadis) Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Teguh Hendrawan mengatakan, genangan yang terjadi di ruas Jalan MT Haryono, Cawang, Jakarta Timur, akibat proyek Mass Rapid Transit (MRT).

“Kita akui ada genangan di MT Haryono tapi sudah berangsur surut dan itu dampak dari pembangunan MRT. Jadi perlu dicatat juga salah satu penyebab genangan saat sekarang ini dengan pembangunan MRT LRT, 16 ruas jalan, Tol Becakayu,” kata Teguh kepada wartawan, Jumat (25/1/2019).

Menurutnya, pembangunan proyek-proyek tersebut kurang memperhatikan drainase yang ada. Akibatnya, sekitar kawasan proyek menjadi tergenang.

Baca Juga:

“Nah ini mereka yang melakukan pembangunan ini kurang memperhatikan drainase-drainase yang ada. Ini yang perlu jadi atensi pelaksana pekerjaan pembangunan,” tegas Teguh.

Pihaknya pun mencoba melakukan pendataan proyek-proyek mana saja yang tidak memiliki drainase yang baik.

“Makanya kami sekarang sedang mendata lokasi-lokasi mana saja dan itu nanti yang akan kita bahas di Rapim gubernur supaya jadi perhatian mereka,” lanjut Teguh.

Teguh merinci lokasi proyek yang menjadi penyebab munculnya genangan air saat hujan datang. (Baca juga: 19 Titik Rawan Banjir, SDA DKI Yakin Bisa Surut 1 Jam)

“Titik rawan genangan antara lain MT Haryono, segmen Pancoran, Kelapa Gading Boulevard Raya yang ada LRT. Pembangunan Becakayu yang segmen DI Panjaitan, Kawasan ITC Fatmawati, saya rasa itu lah enggak terlalu banyak untuk sementara,” tutupnya.

(mhd)