http://cozypan.com

Sama-sama dari Belanda, Ini Beda Kasus Kokain Asisten Igun dan Steve

loading…

Artis Steve Emmanuelle (kanan), dan asisten pribadi desainer busana Ivan Gunawan (Igun), AJA (kiri). Foto: SINDOnews/Dok

JAKARTA – Polisi mengungkap dua kasus narkoba jenis kokain yang bersumber dari Negeri Kincir Angin, Belanda. Keduanya adalah artis Steve Emmanuelle dan asisten pribadi desainer busana Ivan Gunawan (Igun), AJA.

Patut dicurigai jika sumber kokain keduanya adalah jaringan yang sama. Kendati demikian, Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat, AKBP Erick Frendrizh, membeberkan, terdapat perbedaan modus di kasus narkoba Steve Emmanuelle dan AJA.

Pihaknya saat ini tengah konsen menyelidiki jaringan internasional pengedar kokain tersebut. Polisi sedang mendalami dua modus berbeda dari dua kasus tersebut. Di kasus Steve, dia yang membawa langsung barang haram itu ke Indonesia untuk dikonsumsi pribadi. (Baca juga: Selundupkan Kokain dari Belanda, Steve Manfaatkan Bagasi Pesawat)

Baca Juga:

“Berbeda dengan asistennya Ivan, transaksi dilakukan di Belanda dan AJA balik ke Indonesia. Lalu ada kurir yang merupakan warga Belanda mengantarkan barang tersebut ke Aceh di Indonesia,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (17/1/2019). (Baca juga: Kokain Milik Asisten Pribadi Ivan Gunawan Berasal dari Belanda)

Dia optimistis jaringan kokain yang tengah dipelajarinya itu bisa terungkap. Adapun dari kasus Steve, bisa dirunut kalau jaringan besar kokain yang akan dan sudah mengedarkan narkoba di Indonesia itu merupakan satu jaringan dan diduga ada keterkaitan dengan kasus AJA ini. Apalagi AJA diketahui sudah menggunakan narkoba selama satu setengah tahun.

“Bukti kokain di AJA 6 gram, ada serbuk mdma atau bagian dari ekstasi, dan dari hasil yang kami dapatkan dari AJA sudah digunakan sebagian, sisanya tinggal 6 gram,” tuturnya.

(thm)